Minggu, 03 Agustus 2008

Kekuatan Visualisasi dengan Gambar dibanding Tulisan

Bandingkan dua cara mengambarkan bunga matahari berikut ini. Cara pertama adalah teknik deskipsi menggunakan kata-kata. Cara kedua menggunakan gambar bunga matahari.

1. Bunga Matahari
Sebuah bunga berbentuk bulat besar, dengan mahkota bunga berwarna kuning, mahkota berbentuk bulat telur, terdiri atas beberapa lapis dan tersusun rapi mengelilingi sebuah lingkaran berwarna coklat. Pada lingkaran coklat tersebut terdapat biji-biji bunga matahari...


2. Bunga Matahari

Gambar bunga matahari

^_^

Perhatikan bedanya. Dengan bantuan sebuah gambar, bunga matahari cukup diterangkan dengan tiga buah kata, yaitu gambar bunga matahari. Tidak dibutuhkan deskripsi panjang lebar untuk menggambarkan penampakan sekuntum bunga matahari. Hasilnya juga lebih jelas dibanding penggambaran menggunakan kata-kata. Sebuah gambar mewakili sejuta kata yang tidak terucapkan secara verbal.

Penggunaan gambar pada SOP (Standard Operating Procedure) dikenal dengan nama visualisasi SOP. Berkat visualisasi -- sebuah SOP menjadi lebih mudah dimengerti oleh operator. Visualisasi juga mencegah operator salah menafsirkan kata-kata yang tertera pada prosedur kerja. Pada kasus perakitan sebuah alat, visualisasi sangat membantu operator untuk mencocokkan pekerjaannya dengan gambar yang tertera pada SOP. Operator melihat gambar kemudian merakit komponen-komponen alat sesuai gambar. Dengan cara demikian pekerjaaan jauh lebih mudah dilakukan dan kesalahan perakitan dapat diminimalkan (Undil-2008)



Bacaan:
Anonymous, 2008, Bahan Pelatihan Autonomuos Maintenance, PQM Consultants, Jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar