Sabtu, 05 Januari 2008

Google dan Kita (9) Berakhirnya Era Informasi III

Ketrampilan lain yang harus dimiliki para pekerja adalah ketrampilan mengolah informasi agar bermanfaat bagi pekerjaan. Setelah Google memberi informasi dan membantu memilah informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kita, selanjutnya kita-lah yang harus mengolah dan menerapkannya.

Untuk bisa mengolah informasi kita membutuhkan sekumpulan informasi menyeluruh atas sebuah permasalahan agar dapat menilainya dari berbagai sudut pandang. Untuk itu lagi-lagi kita dapat menggunakan Google untuk memilah informasi-informasi yang relevan.

Misalnya untuk mengembangkan produk baru, kita bukan saja harus browsing metode pembuatan produk yang paling efisien, tetapi juga perlu browsing untuk melacak calon pembeli, identifikasi produk-produk pesaing yang sudah beredar di pasar, ketersediaan bahan baku, harga bahan baku, tingkat efektifitas produk tersebut, informasi kemudahan medistribusikan produk, kemampuan user untuk menggunakan produk, hingga harga yang dapat diterima oleh user.

Dibutuhkan informasi yang menyeluruh sebelum dapat mengambil sebuah keputusan yang jitu.

Proses pengolahan informasi juga membutuhkan dukungan data base internal berupa data-data pengalaman operasional perusahaan -- agar dapat dipilih informasi dari Google yang paling nyambung dengan kebutuhan perusahaan.

Data base yang dimaksud adalah kumpulan pengalaman-pengalaman selama perusahaan beroperasi yang telah di dokumentasikan dengan rapi. Baik itu berupa pengalaman-pengalaman positif ataupun negatif.

Isi data base bisa berupa riwayat perubahan, riwayat penyimpangan, pengalaman menggunakan alat model tertentu, riwayat efektifitas sebuah produk, kejadian yang mengikuti perubahan metode produksi, riwayat kinerja sebuah mesin, kelebihan & kelemahan sebuah metode produksi hingga riwayat komplain produk oleh user.

Semua informasi yang terhimpun tadi adalah data pendukung yang sangat dibutuhkan untuk memilah-milah ribuan data yang telah didapatkan lewat Google.

Kombinasi informasi yang dihimpun dari pengalaman internal perusahaan dengan informasi yang didapat dari dunia maya akan menghasilkan sebuah informasi baru yang updated dan aplikatif karena telah disesuaikan dengan kondisi terkini perusahaan.

Pengembangan sebuah produk baru misalnya -- akan disesuaikan dengan daya dukung fasilitas & kemampuan personil perusahaan dan juga kondisi terkini para calon pembeli produk. Dengan cara itulah sebuah produk baru dapat diproduksi dengan efisien dan disambut baik oleh konsumen.

Singkatnya Google membantu kita mengumpulkan dan memilah informasi, kemudian kita-lah yang harus mengolahnya sesuai dengan kondisi internal perusahaan sehingga informasi tersebut dapat diterapkan secara optimal untuk memberi hasil yang maksimal (undil).

Sinopsis
Era perlombaan mengumpulkan informasi telah berakhir seiring meluasnya penggunaan internet yang menyebabkan setiap pekerja & setiap perusahaan memiliki akses informasi yang sama.

Saat ini yang menentukan keunggulan sebuah perusahaan bukan lagi kepemilikan infomasi, tetapi kemampuan memilah dan mengolah informasi.

Google memiliki peran kunci dalam memilah informasi dan menghemat waktu dalam menghimpun informasi. Tanpa Google sebuah perusahaan modern akan kehabisan waktu untuk mencari informasi dan tertinggal jauh dari para pesaingnya.

Proses pengolahan informasi membutuhkan informasi yang lengkap dan menyeluruh dari berbagai sudut pandang atas permasalahan yang hendak dipecahkan.

Proses pengolahan informasi juga membutuhkan dukungan data-data internal perusahaan berupa pengalaman-pengalaman operasional perusahaan yang terdokumentasi dengan baik.

Kombinasi informasi dari database internal perusahaan dengan informasi yang diperoleh dari dunia maya akan menghasilkan informasi baru yang updated dan aplikatif sesuai kondisi terkini perusahaan.





CATATAN:
Google
Yang dimaksud Google disini adalah mesin pencari (search enginee) yang ada di Internet seperti Yahoo, MSN dan Google. Karena Google adalah yang paling populer, paling sederhana, paling praktis dan menurut saya paling baik, maka saya memakainya sebagai kata ganti untuk mesin pencari.

Browse [browz]
vti COMPUT ONLINE scan computer files: to scan and view files in a computer database or on the Internet, especially on the World Wide Web

[Early 16th century. Via obsolete French broust <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar