Sabtu, 24 November 2007

Google dan Kita (4)

Apalagi yang bisa dilakukan Google untuk Q-ta?

Saat Pangmariuh ingin mengetahui definisi toksin tetanus, dia mengetikkan kalimat: define tetanus toxin. Maka Google akan memberikan definisi toksin tetanus beserta sumber referensinya. Pada layar akan tertera kalimat seperti dibawah ini

Definisi di web untuk TETANUS TOXIN
Protein derived from Clostridium tetani that can block transmitter release owing to its ability to degrade synaptobrevin. ...
www.nature.com/nrn/journal/v2/n3/glossary/nrn0301_185a_glossary.html - Definisi dalam konteks


Bila Pangmariuh ingin mengetahui lebih lanjut dia bisa mengklik pada definisi tersebut atau meng-klik sumber-sumber lain yang tertera di bawahnya.

Google juga bisa membantu Kai Iyan, karyawan bagian logistik saat hendak mengetahui harga barang dalam rupiah dari harga aslinya yang dalam satuan dolar Amerika. Kai Iyan cukup menuliskan harga barang dan minta Google mengkonversinya menjadi rupiah. Misalnya harga barang adalah 2000 USD, maka Kai Iyan akan menuliskan : 2000 USD in rupiah. Dalam sekejap Google mengkonversinya menjadi nilai rupiah.

Anang Sagar sangat terbantu oleh Google saat hendak mengetahui beberapa hal tentang pekerjaan barunya di Divisi Marketing. Saat hendak mencari tahu tentang jumlah populasi di India, dia cukup bertanya pada Google. Anang Sagar cukup mengetikkan kalimat: population of india. Google dengan senang hati akan menyuguhkan data yang dibutuhkan oleh Anang Sagar. Google bisa juga menjawab pertanyaan dengan menambahkan tanda asterik * pada akhir pertanyaan. Misalnya ingin mengetahui penemu vaksin, cukup ketikkan vaccine was invented by*.

Anang Sagar yang sering sibuk mencari kalkulator karena lupa naruhnya atau dipinjam temannya -- akhirnya seringkali mengandalkan Google untuk menjadi kalkulator darurat. Tuliskan perhitungan di layar seperti halnya saat menggunakan excel dan Google akan segera menjawabnya. Misalnya 2000 * (234 +345) / (21/244) dan Google akan menjawabnya dengan tangkas (UNDIL)



Catatan:
Yang dimaksud Google disini adalah mesin pencari (search engine) yang ada di Internet seperti Yahoo, MSN dan Google. Karena Google adalah yang paling populer, paling sederhana, paling praktis dan menurut saya paling baik, maka saya memakainya sebagai kata ganti untuk mesin pencari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar