Selasa, 03 April 2007

Maulid Nabi: Integritas 100% Nabi Muhammad

Pada kehidupan Nabi Muhammad, ada sisi yang sangat menarik. Yaitu kehidupan Nabi adalah seperti buku terbuka. Siapa saja boleh baca. Tidak ada yang dirahasiakan. Seluruh kehidupan Nabi boleh dipublikasikan di halaman depan koran atau headline-news di televisi dan tidak ada yang memalukan. Nabi tidak pernah menyembunyikan sesuatu. Sama di muka dan di belakang publik. Semua perbuatan Nabi dapat dipertanggungjawabkan di hadapan Allah maupun di hadapan manusia. Seratus persen accountable.


Al Amin atau dapat dipercaya adalah gelar yang disandang beliau sejak sebelum menjadi nabi. Orang yang berurusan dengan Nabi tak akan khawatir sedikitpun bahwa Nabi akan mengambil keuntungan sembari merugikan orang tersebut. Tak heran Muhammad-lah yang berhasil meyelesaikan pertikaian antar pemimpin Quraish pada saat perbaikan Ka’bah.

Nabi jujur, terukur dan bisa diandalkan. Integritas adalah keniscayaan pada diri beliau. Ibaratnya kehidupan Nabi dapat diakses secara online tanpa satu-pun yang perlu dirahasiakan. Sampai sekarang catatan-catatan kehidupan Nabi masih terdokumentasi dengan baik berkat peranan para ahli hadits dan menjadi rujukan bagi milyaran umat muslim di seluruh dunia. Di kehidupan modern saat ini-pun — integritas yang dicontohkan nabi 14 abad silam – masih merupakan parameter utama yang menentukan tingkat kesuksesan seorang individu. Integritas atau hidup seperti buku terbuka masih tetap menjadi sesuatu yang dirindukan. (nae)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar